oleh

Empat Mahasiswa Muhammadiyah Ikuti Ajang Bergengsi Model EU 2021

Yukbukber.com – Empat mahasiswa International Program of International Relations Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (IPIREL-UMY) ikuti ajang SUNY Model EU 2021 pada Sabtu (10/04).

Ini merupakan agenda tahunan yang di selenggarkan oleh the State University of New York, USA dan merupakan ajang bergengsi di kalangan mahasiswa Hubungan Internasional sejak tahun 1987.

Kompetisi yang berlangsung empat hari ini mempertemukan para mahasiswa dari berbagai negara guna melakukan simulasi persidangan Uni Eropa. Dan delegasi Indonesia mendapatkan peran sebagai perwakilan negara Hungaria.

Adapun HI UMY di wakili oleh Syahpati Alfatarah selaku Head of Government, Muhammad Rezha Zulfachryan Efmanda selaku Foreign Affairs Minister, Muhammad Faiz Krisnadi selaku ECOFIN Minister, dan Dama Rifki Adhipramana selaku COREPER II.

Dalam kesempatan ini Dr. Sugito, S.I.P.,M.Si, dosen pendamping, menyatakan bahwa Prodi HI UMY mendukung penuh mahasiswanya dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilannya.

“HI UMY sangat mendukung keikutsertaan mahasiswa dalam ajang SUNY MEU 2021. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Jean Monnet Module di mata kuliah Uni Eropa. Keikutsertaan mahasiswa bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan mahasiswa terkait proses pengambilan kebijakan di Uni Eropa,” terangnya saat dihubungi pada Selasa (13/4).

Tak hanya itu, apresiasi yang tinggi juga datang dari Prof. Alexandru Balas selaku Program Supervisor-SUNY University. Ia memberikan apresiasinya kepada delegasi UMY yang telah ikut andil dalam agenda ini.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada UMY karena telah mempersiapkan tim yang hebat dan mengirimkan semua agenda alternatif. Kami, sebagai penyelenggara, terkesan dengan kualitas pekerjaan yang di tampilkan dalam topik agenda alternatif mahasiswa UMY dan ketekunan mereka dalam mengirimkan satu topik agenda alternatif untuk setiap Dewan,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu delegasi HI UMY Muhammad Faiz Krisnadi, mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang bisa menjadi delegasi HI UMY.

“Rasanya senang sekali bisa menjadi delegasi UMY pertama yang berpartisipasi dalam salah satu Model EU tertua di dunia. Meskipun di laksanakan secara online, SUNY Model EU 2021 tetap dapat memberikan kesan dan tantangan tersendiri, khususnya terkait peran Uni Eropa sebagai organisasi regionalisme terbesar di dunia,”pungkasnya. (Yb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed